Tag

Assalamualaikum…

Well I’m back…

Tak terasa yah Ramadahn nan suci telah dihadapan, Semoga Allah berkenan mempertemukan kita bertemu dengan Ramadhan yang tinggal hitungan hari.

FENOMENA RAMADHAN

Menjelang bulan Ramadhan setiap muslim pasti akan disibukan dengan berbagai macam persiapan untuk menyambutnya. Mulai dari persiapan rohani, jasmani(kebugaran tubuh) maupun materi. Akan tetapi ada yang menarik perhatian saya melihat fenomena disekitar tempat tinggal saya. Yaitu Penutupan pengajian karena sudah mau datang bulan Ramadhan. Hal ini sempat menjadi bahan perenungan bagi saya, menjelang datangnya bulan suci yang menjanjikan pahala berlimpah bagi yang beribadah. Bukankah pengajian merupakan sebuah ibadah yang mendatangkan pahala besar?ya.. majelis ilmu yang biasa disebut pengajian ini justru ditutup pada bulan Ramadhan. Timbul pertanyaan dalam diri saya, Apakah tidak salah?padahal mereka berkesempatan untuk mendapatkan llimpahan pahala yang berlipat dengan pengajian tersebut. saya pernah ditanya “kamu sudah penutupan pengajian belum?” dengan jelas dan tegas saya menjawab “justru kami lebih semangat dan sering ngaji dubulan Ramadhan” orang itu balik bertanya “kok gak ditutup” saya agak bingung menjelaskanya, karena yang seharusnya ditutup adalah tempat hiburan malam, Bar dan tempat maksiat lainya bukan pengajianya….

he he he .. ada ada saja…

TARHIB DAN PAWAI

Seminggu sebelum Ramadhan, kami keluarga muslim mempersiapkan diri dengan mengadakan tarhib Ramadhan. Acara tarhib dimulai pukul 14.30 di masjid Al-Muhajirin, saat tiba di lokasi kami mengawalinya dengan saling bertukar sapa dan salam(senyum,salam,sapa). duh rasanya damai banget kalo berada dilingkungan seperti itu. Acara kami lanjtukan dengan shalat ashar, kemudian ceramah dari seorang ustadz mengenai Ramadhan. Setelah acara ceramah selesai, kami lanjutkan dengan pawai keliling komplek perumahan untuk membagikan pamflet berisi jadwal imsakiyah dan tausyiah. Ada anak-anak kecil, Bapak-Bapak beserta keluarganya. Fasilitas kendaraan yang kami pakaipun beragam, ada yang menggunakan mobil, ada juga yang berboncengan memakai motor. Tapi cukup seru dan beragam, disetiap ada keramaian kami hampiri untuk membagikan pamflet tersebut. Ada juga yang sengaja menonton pawai kami, dan mereka meminta sendiri pamflet tersebut. Ukhhhh…. seruuuu, acara tersebut kami akhiri setelah kumandang adzan maghrib menggema.

Subhanallah…

ZIARAH KUBUR

Tak asing lagi bagi kita, menjelang bulan Ramadhan ada salah satu ritual yang sebagian orang tak bisa meninggalkanya. Yaitu Ziarah kubur kepada sanak saudara /keluarga yang sudah mendahului kita. Sempat ada kontroversi mengenai hal ini, ada yang bilang tidak boleh tapi banyak juga yang bilang tidak apa-apa. Kalo saya pribadi berpendapat hal ini tidaklah wajib, akan tetapi tidak dilarang juga untuk menziarahi kubur. Asalkan tidak diwajibkan harus sebelum Ramadhan, kapan saja kita bisa dan boleh menziarahi kubur. Apalagi dengan niat yang baik, seperti untuk mengingatkan tempat kita berpulang nanti. Sehingga hasilnya kita bisa intropeksi diri dengan mengingat mati.

Hari ahad kemarin karena ada kesempatan untuk ziarah ke kuburan bapak mertua dan juga nenek mertua maka saya pergi kesana bersama suami. Niat saya baik dan bukan karena menjelang hari Ramadhan, tapi karena memang ada kesempatan. ada satu cerita menarik di pemakaman, dan saya rasa teman-teman juga sudah tidak asing lagi dengan cerita ini. Ceritanya begini, sewaktu saya baru turun dari motor tiba-tiba saya dikagetkan dengan bocah-bocah cilik yang mengerumuni saya sambil membawa seember air. dan yang datang tiba-tiba juga semakin banyak, sontak saya kaget. Mereka berebut untuk menyiramkan air ke makam yang saya tuju dengan harapan mendapat imbalan uang. Akan tetapi jumlah mereka begitu banyak, kalau gak salah sekitar 20-an orang. Kami sudah mencoba bicara kalo jangan semuanya, tapi mereka nekat dan akhirnya kami hanya bisa memberikan uang yang sudah kami persiapkan sebelumnya dengan jumlah yang bagi mereka kurang untuk dibagi ber20…merekapun pergi dengan menggerutu. Sempat terfikir, Seakan tidak ada hal lagi yang tidak dikomrsilkan di jaman serba mahal ini. Apapun akan dilakuakan utnuk mendapatkan rupiah,,, termasuk di area pemakaman. Ya Allah gerangan pelajaran apa yang akan Engkau tegurkan pada kami?….