Tag

Masih ada hubunganya sama Tips sebelumnya ya kawan…

tapi ini yang menyangkut dengan perawatan kulit… baca yuks….

AKIBAT kekurangan cairan, serangkaian keluhan kerap menghantui kaum hawa saat puasa. Kulit wajah kering, bibir pecah, atau kulit kaki mengelupas adalah “makanan” sehari-hari. Berikut trik untuk mengatasinya.

* Wajah
Kuncinya adalah tahu jenis kulit Anda. Jika jenis kulit termasuk kering, gunakan pembersih yang mengandung pelembab, diikuti dengan membubuhkan pelembab jenis creamy.

* Bibir
Bibir merupakan bagian tubuh yang paling sedikit mengandung pelembab. Menjilati bibir bukan cara tepat mengatasi bibir kering atau pecah-pecah. Justru sebaliknya, akan membuat bibir semakin kering. Oleskan lip balm secara rutin, termasuk sebelum tidur.
Cara lain, bubuhkan petroleum jelly. Kemudian, dengan menggunakan sikat gigi, sikat bibir dalam gerakan melingkar untuk menghilangkan kulit mati dan kering. Lalu, bersihkan dengan lembut sisa petroleum jelly. Ulangi beberapa kali dalam sehari sampai bibir tak terasa kering.

* Tubuh
Makin kering kulit, makin banyak pelembab yang Anda butuhkan. Bubuhkan pelembab pada seluruh tubuh setelah mandi karena pelembab akan lebih cepat menyerap pada kulit yang lembab. Hindari mandi dengan air hangat agar kulit tak semakin kering.

* Tangan dan kaki
Sediakan pelembab di mana pun Anda berada, semisal di kantor. Pilih pelembab yang mengandung sun screen sebagai perlindungan bagi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari. Bubuhkan juga pelembab pada tangan dan kaki setelah melakukan aktivitas yang berhubungan dengan air, seperti mencuci piring atau berwudl. Jika kulit sangat kering, bubuhkan pelembab sebelum tidur.

TIPS:
* Setelah mandi atau mencuci wajah, keringkan kulit dengan cara menepuk-nepuknya dengan handuk lembut. Bukan menggosoknya.
* Gunakan pembersih wajah yang mengandung kadar sabun dan wewangian rendah.
* Hindari menggaruk kulit yang kering. Karena hal ini bisa menimbulkan radang atau infeksi lainnya.
* Gunakan handuk lembut berbahan katun agar tidak mengiritasi kulit. Hindari bahan-bahan “kasar” seperti wol.
* Mengonsumsi sayuran, buah-buahan, dan minum banyak air (sedikitnya delapan gelas sehari). Saat berpuasa, bisa disiasati dengan memperbanyak minum di malam hari dan saat sahur.