Tag

Temen-temen pasti pengen dunks saat berpuasa tubuh tidak kekurangan cairan alias dehidrasi? nah saya sudah temukan tipsnya dari majalah juga… he he he…

ISTILAH dehidrasi mungkin sudah tak asing lagi. Dehidrasi berarti kekurangan cairan tubuh karena jumlah cairan yang keluar lebih banyak daripada cairan yang masuk. Jangan pernah meremehkan dehidrasi karena bisa menganggu keseimbangan tubuh, bahkan pada tingkat yang lebih berat bisa berujung pada penurunan kesadaran dan koma.

Agar kebutuhan tubuh akan cairan terpenuhi, kita memerlukan sedikitnya 1 liter air setiap hari. Cara untuk menghindari dehidrasi adalah dengan sering minum. Namun, bagaimana di bulan puasa, bukankah kita diwajibkan menahan lapar dan dahaga sejak matahari terbit hingga terbenam?

Untuk mengatasinya, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan. Pertama adalah memperbanyak minum air saat sahur dan berbuka. Air yang diminum sebaiknya air putih biasa, bukan teh, kopi, atau soda. Sebab, minuman-minuman tersebut mengandung kafein yang bersifat diuresis atau menambah frekuensi kencing. Makin banyak buang air kecil, makin banyak pula cairan tubuh yang terbuang.

Hindari minuman yang terlalu manis karena akan merangsang keluarnya hormon insulin yang meningkatkan kadar gula darah. Jika ini terjadi, maka tubuh akan bertambah lemas. Selain itu, saat ingin beraktivitas di luar ruangan, apalagi saat cuaca panas, gunakan pakaian yang terbuat dari bahan yang nyaman dan menyerap keringat. Hal ini akan membantu mengurangi penguapan cairan tubuh.

Jadi, tak ada alasan untuk takut dehidrasi saat berpuasa kan?
AN