Tag

Bagaimana Mengelola Keuangan Selama Ramadhan?
Rabu, 10 September 2008 | 18:55 WIB

DALAM situasi ekonomi seperti sekarang, bagaimana mengatasi persoalan keuangan keluarga? Penghasilan tetap namun pengeluaran bertambah, terutama menjelang Lebaran. Pakar keuangan dan investasi, Adler Haymans Manurung yang juga penulis buku best seller “Reksa Dana Investasiku dan “Financial Planner” dalam percakapan dengan Kompas di Jakarta, Rabu (10/9), memberi sejumlah resep.

Pertama, buatlah skala prioritas mengenai pengeluaran untuk bulan Ramadhan dan menjelang Lebaran. Kedua, rencanakan pengeluaran-pengeluaran setiap hari selama bulan Ramadhan dan Lebaran nanti. Ketiga, tahan diri untuk berbelanja yang tidak dibutuhkan. Keempat, diskusikanlah semua pengeluaran dengan istri dan anak.

Adler yang juga manajer investasi pengelola dana sebesar Rp 2 triliun dan sedang mengelola portal investasi http://www.finansialbisnis.com itu menambahkan, pengeluaran selama Ramadhan dan Lebaran harus direncanakan jauh hari sebelumnya.

Untuk itu, kita bisa merencanakan pengeluaran Lebaran tahun depan dengan angka pengeluaran tahun ini ditambah inflasi 10 persen. Untuk memenuhi pengeluaran Lebaran tahun depan, tabunglah uang setiap bulan. Kalau misalnya dibutuhkan uang Rp 12 juta untuk Lebaran tahun depan, maka tabunglah sejak sekarang Rp 1 juta per bulan.

kutipan dari kompas