Tag

Memasuki detik-detik terakhir Ramadhan… Rasanya kesedihan mulai merasuki jiwa…

betapa tidak..kita tak lama lagi harus berpisah dengan bulan yang penuh berkah dan mulia…

belum seberapa amalan yang kita kerjakan, belum basah bibir ini berdzikir dan beristighfar memohon ampunan atas dosa-dosa…

tapi waktu seakan tidak mau tau… dia hanya menjalankan tugasnya..bergulir dengan pasti.. dan membawa kita keluar dari bulan yang suci untuk memasuki bulan selanjutnya…

Mendekati Iedul Fitri,,

Beragam pikiran berkecamuk dihati.. akankah kita dapat menjadi alumni Ramadhan yang di Ridhoi dan menjadi manusia yang lebih baik atau bisakah kita menambah derajat kita di sisi Allah??hingga kita dapat meraih kemenangan yang hakiki… Allah Robbi.. mudah-mudahan kami termasuk orang-orang yang demikian..

oh iya … di detik detik terakhir Ramadhan, kita tidak asing lagi dengan ritual ibadah yang biasa kita sebut dengan rukun islam ke -4… yups.. membayar zakat fitrah..

Zakat adalah sejumlah harta yang kita sumbangkan kepada penerima zakat(ups ini pengertian versi kata2 saya aja.) dan zakat ini ada beberapa macam..Zakat mal,zakat fitrah,dll.

Biasanya zakat ini kita serahkan menjelang Iedul Fitri dan batas akhirnya adalah pas sholat Ied.. jadi apabila setelah sholat Ied baru diserahkan, nantinya tidak lagi disebut zakat yaitu sebagai amalan biasa.

Mengenai zakat fitrah disini hukumnya adalah wajib bagi yang mampu, nah sebenarnya banyak hikmah yang bisa kita petik dari sini.

zakat fitrah mengajarkan umat muslim untuk menjadi orang yang dermawan…karena sesungguhnya berbagi harta yang kita miliki itu sangat indah…betapa tidak, kita akan melihat senyum mengembang dari orang yang menerimanya…subhanallah.. :-))

dengan zakat fitrah maka kaum miskin dan dhuafa juga akan ikut merasakan nikmatnya dan keberkahan di hari kemenangan…

dan masih banyak lagi hikmah dari berzakat.. tapi yang perlu digaris bawahi disini adalah.. kita harus berbagi kepada sesama tidak hanya menjelang iedul fitri saja. tetapi setiap ada kesempatan untuk berbagi maka harus kita manfaatkan sebaik-baiknya untuk meraih RidhoNya atas harta kita…

Afwan jiddan….

ebook zakat