Tag

para bunda, para mom’s atau calon bunda pasti dah pernah denger yang namanya inisiasi dini.

yupS… Inisiasi dini adalah menyusui bayi yang dilakukan sesaat setelah kelahiran tanpa membersihkan /memandikan bayi terlebih dahulu. Jadi baby yang baru saja keluar dari rahim sang ibu hanya dilap untuk kemudian diletakan didada ibunya. Adapun posisi bayi ditengkurapkan di atas dada sang ibu, maka secara otomatis sang bayi akan bergerak-gerak dan berusaha mencari puting susu ibunya. Inilah pertama kalinya dia meminum air susu sang ibu yang mana pada 3 jam pertama pasca melahirkan adalah asi terbaik yang mengandung kolostrum yaitu semacam zat antibody untuk kekebalan tubuhnya kelak. Selain itu selama masa pencarian sang bayi akan menjilat kulit ibunya yang mengandung ribuan bakteri baik yang akan masuk ke dalam tubuhnya.

Subhnallah, amazing… benar-benar luar biasa. Bayi yang baru lahir yang diletakan di atas dada sang ibu akan mencari makananya sendiri yaitu asi kurang lebih 1 jam atau minimal 1/2 jam. Setelah menemukan puting susu sang ibu maka dengan refleks sang bayi akan menghisapnya, ini adalah salah satu karunia Allah untuk makhluknya. mungkin ada pertanyaan”apakah bayi itu tidak kedinginan diletakan telanjang diatas dada ibunya?”

jawabnya adalah “tidak”, karena suhu tubuh sang ibu akan menyesuaikan suhu sang bayi. jika bayi kedinginan maka dengan sendirinya suhu badan ibunya akan mengimbangi agar bayinya tidak kedinginan begitu juga sebaliknya.Maka biarkanlah bayi anda menemukan makanan pertamanya yang padat akan gizi dan tak dapat ditandingi oleh susu apapun serta sangat berguna untuk kekebalan tubuhnya kelak.

sesuai pengalaman saya yang sebelumnya sudah menerapkan inisiasi dini untuk putri pertamaku. Ternyata manfaatnya benar-benar bisa dirasakan, anak jadi lebih sehat dan tidak mudah sakit. perkembangan tubuhnya pun terus meningkat, Alhamdulillah…

so.. untuk para calon mom’s para bunda, kenapa tidak dicoba??

bilqis 3 bulan

bilqis 3 bulan

bilqis 9 bulan

bilqis 9 bulan

bilqis 1 tahun

bilqis 1 tahun